Ningrat Cell - Service HP cina, Iphone, Android, BB (Blackberry) Semarang

Ajarkan Sikecil Berhemat

Ajarkan Sikecil Berhemat, Hemat pangkal kaya, peribahasa ini harus sedini mungkin kita tanamkan dalam pribadi anak kita.

Kasih contoh
Bagaimana pun juga orang tua adalah guru yang paling efektif bagi anak –anak nya. Maka dari itu sebelum kita mengajarkan perilaku hemat pada anak, orang tua sebaiknya memberi contoh agar tidak boros dan berlaku konsumtif. Sebagai seorang anak pasti akan meniru semua perilaku yang ada di lingkungan terdekat terutama di lingkungan keluarga ,terlebih orang tuanya.

Jadi sangat tidak efektif mengajarkan hidup hemat pada anak, sementara anda tidak mengontrol pola hidup anda yang masih konsumtif. Maka dari itu anda wajib menjalani pola hidup hemat terlebih dahulu. Karena bagaimanapun  juga teladan anda sangat berpengaruh terhadap anak anda.
Ajarkan Sikecil Berhemat

Harus tega
Ungkapan sayang terhadap anak bukan berarti semua keinginan anak kita kabulkan. Kita sebagai orang tua seharusnya bisa mempertimbangkan apa yang sebaiknya di penuhi dari permintaan si anak, dan apa yang mesti di tunda pada lain waktu, serta apa yang tidak harus di berikan.Terkadang kita tidak memikirkan prioritas pada si anak,apa yang diminta si anak langsung kita berikan, maka tidak jarang seorang anak semakin lama justru semakin manja .Karena semua permintaan yang mereka minta pasti akan dituruti , walaupun itu bermanfaat terhadap anak atau tidak.Akibat nya pengeluaran keluarga juga semakin tidak terkendali. maka dari itu disini anda di tuntut untuk tega terhadap anak, walaupun tega dalam artian yang positif, demi kebaikan si anak di masa yang akan datang.

Buat prioritas dan Selektif
Jika anak menginginkan beberapa barang sekaligus, sebaiknya terlebih dahulu tanyakan kepada anak barang mana yang lebih penting untuk dimiliki saat ini. Buatkanlah urutan skala prioritas terlebih dulu. Beri pengertian terhadap anak tidak semua keinginannya harus dipenuhi saat ini.Tetapi mintalah sang anak untuk memilih barang yang saat ini dibutuhkan dan paling utama untuk segera dimiliki. Jadi sebagai orang tua harus selektif dalam hal ini. Tentu saja anda juga mesti mengungkapkan persoalan dana, dan mempertimbangkan kemampuan anda. Dengan demikian anak akan tahu di mana batas kemampuan orang tua nya. Disini orang tua juga harus mengajak anak untuk selektif dapat menjelaskan bahwa barang tersebut tidak perlu untuk saat ini, bahkan malah kemungkinan dapat menganggu belajar mereka. Maka dari itu selektif dan pintar-pintar lah memberi pengertian terhadap anak.

Budayakan Menabung
Beri pengertian terhadap anak arti penting menabung. Ajarkan pada mereka untuk mengatur keuangan nya sendiri. Orang tua mencoba memberi uang saku pada anak untuk jangka waktu satu minggu sekaligus. Di situ anak akan belajar tanggung jawab mengatur keuangan nya sendiri dan mencoba berhemat. Pujilah anak anda jika telah berhasil dalam mengatur keuangan nya sendiri sesuai waktu yang telah di tentukan. Jangan lupa ajarkan juga pada anak supaya menyisihkan sebagian uang saku mereka untuk ditabung. Misalnya untuk membeli barang yang mereka perlukan di kemudian hari.

Konsisten dan kompak
Salah satu kunci keberhasilan adalah tetap konsisten. Maka dari itu, berusahalah untuk selalu  konsisten dengan paraturan yang ada. Disini orang tua juga harus kompak. Jangan sampai didalam satu keluarga berbeda pendapat soal uang saku terhadap anak. Misalnya sang ibu membatasi  uang saku, tetapi sang ayah justru memenuhi kebutuhan sang anak walaupun tidak bermanfaat terhadap sang anak. Sehingga penting bagi anda untuk membicarakan perencanaan tersebut dengan pasangan anda.

Semoga Tips Ajarkan Sikecil Berhemat bermanfaat buat anda dan keluarga, salam.

Matur Thankyu telah mengunjungi blog saya di judul Ajarkan Sikecil Berhemat, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda

0 Response to "Ajarkan Sikecil Berhemat"

Post a Comment