Ningrat Cell - Service HP cina, Iphone, Android, BB (Blackberry) Semarang

Menaklukkan Amarah sikecil

Menaklukkan Amarah sikecil, Jangan biarkan sikecil tumbuh dengan kemarahannya. Bimbing supaya membuatnya merasa nyaman. Sobat kang Inung semua, ada beberapa tips yang akan saya bagikan yang mungkin bermanfaat buat anda semua di manapun anda berada, silahkan simmak artikel berikut.

Menaklukkan Amarah sikecil

Mengendalikan Amarah
Anda mungkin ingat bagaimana rasanya saat kita marah, darah seperti mendidih, jantung berdebar kencang , dan rasanya  dada ini akan pecah, ingin teriak yang sekencang-kencang nya supaya lega di dada ini. Hal tersebut sama juga yang dialami oleah si kecil, tetapi ada perbedaan antara kemarahan orang dewasa dengan anak kecil?? Kalau kemarahan pada anak kecil biasanya disertai dengan tangisan  bahkan teriakan yang sedemikian rupa terkadang membuat nafasnya hingga sesak. Seperti halnya orang dewasa emosi anak kecil juga mengalami naik dan terkadang turun.
Menaklukkan Amarah sikecil

Menurut para ahli bahwasanya sejak bayi berumur 8 minggu sudah mengalami perbedaan emosi. ‘’Dengan mengajarkan anak bagaimana mengelola emosinya, anda telah membekali skill yang penting dalam hidup,”kata Victoria Manion Fleming, seorang psikolog pendidikan. Maka dari itu anda harus berusaha bagaimana pun  caranya menaklukkan amarah sikecil  sedini mungkin. Tentu saja tidak dengan kemarahan, untuk meredam kemarahannya, genggam tangan nya dan mintalah ia untuk menarik nafas yang panjang. Setelah si anak mulai tenang ajak lah ia bicara untuk mengungkapkan perasaan nya melalui kalimat-kalimat yang sederhana. Didalam hal ini anda harus berkepala dingin  supaya si kecil merasa nyaman. Hindari merespon kemarahan si kecil dengan teriakan dan omelan yang hanya akan menambah  kemarahanya menjadi-jadi bahkan ada yang sampai frustasi.

Meredakan Rasa Kesedihan
Rasa kehilangan dan perasaan kecewa bisa juga membuat perasaan sikecil murung dan sedih. Apabila hal tersebut terjadi pada anak anda, biarkan anak anda engekspresikan perasaan nya sendiri. Anda tidak perlu banyak bicara, dan hindari kata-kata yang bisa menyudutkan perasaan dia, Seperti” begitu saja kok sedih atau begitu saja kok nangis “Anda bisa menghiburnya dengan mengajak makan makanan kesukaan sikecil  biasanya anak kecil suka sekali makan es krim. Pada saat inilah anda  bisa meminta sikecil untuk menceritakan  apa saja yang membuatnya bersedih. Disini kuncinya adalah anda melatih anak anda untuk berani bercerita dan mmengungkapkan semua perasaan yang telah ia alami. Latihan ini penting sekali untuk membuat anak anda lebih terbuka kepada keluarga terutama pada orang tua.

Menghilangkan Rasa Cemburu
Sikap normal manusia adalah menginginkan barang milik orang lain, entah itu mainan, baju baru, nilai rapor yang bagus, bahkan suara yang merdu. Begitu juga anak-anak yang belum begitu mengerti mengapa mereka sangat ingin sesuatu yang mereka lihat tetapi ia tidak bisa memilikinya. Beri tahu pada sikecil bahwasanya seseorang itu berbeda-beda satu sama lain dan unik. Setiap orang itu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kemudian besarkan hati si kecil, ungkapkan bahwa anda tetap merasa bangga dengan apa yang mereka miliki. Belum tentu orang lain memiliki apa yang kita miliki, begitu sebaliknya. Berikanlah pengertian yang rasional pada anak anda supaya mereka mudah dalam memahaminya.

Melawan Rasa Takut
Perasaan takut pada anak adalah hal yang wajar. Anak-anak pada umumnya merasa takut pada kegelapan, binatang tertentu, orang asing atau moster. Sebagai orang tua di sini tidak perlu bersikap overprotective apabila anak merasa takut. Namun hindari juga sikap yang meremehkan. Sebaiknya anda mencari tahu apa yang menjadi penyebab rasa ketakutannya tersebut. Setelah itu, singkirkan jauh-jauh rasa ketakutan si anak dengan menceritakan kenyataan yang sebenarnya.

Misalnya, bila sikecil takut sama kucing, katakan kucing tidak akan menggigit apabila ia tidak di ganggu .Kemudian secara perlahan- lahan kenalkan anak dengan kucing tersebut. Begitu juga jika anak kita takut pada  kegelapan, beri penjelesan pada si anak bahwasanya gelap itu tidak mungkin menyakiti dia. Lalu ajak sedikit demi sedikit anak anda untuk merasakan gelap tetapi tentu saja anda tetap berada mendampingi disisinya. Apabila dia gemetar peluk lah. Yang jelas anak harus diajarkan untuk mengenali  penjebab rasa ketakutan yang ada di dalam dirinya.

Semoga Tips Menaklukkan Amarah sikecil bermanfaat buat anda semua, wasallam.

Matur Thankyu telah mengunjungi blog saya di judul Menaklukkan Amarah sikecil, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda

0 Response to "Menaklukkan Amarah sikecil"

Post a Comment