Cara Membuat Putu Mayang Betawi

Free Untukmu - Lestarikan jajanan tradisional khas Nusantara dan kue-kue tradisional yang kini semakin tersisihkan dengan budaya kuliner di era sekarang. Kami sangat mendukung kamu untuk mempertahankan tradisi kuliner Nusantara. Resep kue putu mayang Betawi menjadi pilihan yang tepat untuk kamu coba di rumah. Pasalnya kini para pedagang jajanan sudah mulai meninggalkan kue tradisional yang satu ini.

Cara Membuat Putu Mayang Betawi

Cara Membuat Putu Mayang Betawi

Meskipun masih ada yang menjual atau membuatnya biasanya menggunakan bahan bihun yang pastinya akan merubah rasa aslinya. Kue putu mayang adalah kue basah khas Betawi yang memiliki bentuk unik seperti mi dengan warna-warni yang unik sehingga mampu menggugah selera. Saat penyajian kue ini disajikan dengan kuah santan manis yang memberikan perpaduan rasa yang unik.

Nama kue ini jika dibaca sekilas mirip dengan kue putu ayu, namun pastinya berbeda baik rasa maupun penyajiannya. Kue putu ayu tidak disajikan dengan kuah, hanya ditaburi dengan parutan kelapa untuk menampilkan rasa gurih. Namun persamaannya adalah kue putu mayang juga dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana, sekaligus prosesnya juga sangat mudah dipraktekkan. Kemudian untuk resep kali ini kami masih menggunakan bahan-bahan yang asli sehingga rasa dan bentuknya kami harapkan sama dengan yang ada selama ini. Jadi jika kamu yang ingin mencoba atau setidaknya ingin tahu seperti apa rasa dari kue putu mayang ini, inilah saat yang tepat untuk mencoba.

Semoga resep yang kami berikan kali ini tidak hanya menjadi koleksi resep kamu, namun bisa menjadi salah satu cara kami untuk membantu melestarikan budaya kuliner Nusantara. Jangan sampai budaya kuliner kita yang kaya tergerus oleh budaya kuliner instan yang saat ini menjadi tujuan kaum urban di negeri kita ini. Jadikan kuliner asli Nusantara primadona di negeri sendiri. Dan berikut ini kami berikan resep nya untuk kamu.

Bahan-bahan Putu Mayang Betawi

500 ml air
500 gram tepung beras
250 gram tepung kanji
250 ml santan kental


Bahan kinca/saus gula :

500 ml santan kental
3 lembar daun pkamun
250 gram gula merah
1 sendok makan tepung beras ketan (larutkan)
100 gram gula pasir
Garam secukupnya

Catatan :
  • saat memasak santan gunakan api kecil agar santan tidak pecah
  • agar lebih menarik bisa divariasi degan berbagai warna sesuai selera

Resep Putu Mayang Betawi

Campurkan tepung beras bersama tepung kanji, aduk-aduk hingga tercampur rata, lalu tuang dengan santan. Selanjutnya panaskan dan aduk hingga campuran bahan mengental, lalu angkat. Cetaklah adonan yang sudah jadi menggunakan cetakan untuk membuat kue putu mayang, lalu kukus hasil cetakan hingga matang (jangan terlalu lama).

Membuat saus gula/kinca : didihkan santan kental bersama dengan daun pkamun. Kemudian masukkan gula merah, gula pasir dan garam. Masak lagi dan kentalkan dengan menambah kan larutan tepung ketan. Jika sudah segera angkat dan diamkan agar dingin.

Penyajian : sajikan putu mayang bersama kinca atau saus gula merah.

Nah sangat mudah kan membuat putu mayang yang lezat. Kali ini bahan yang disediakan bisa disajikan untuk 4-5 orang. Selamat mencoba Membuat Putu Mayang Betawi dan terus lestarikan jajanan tradisional khas Nusantara.

Matur Thankyu telah mengunjungi blog saya di judul Cara Membuat Putu Mayang Betawi, Jika di Rasa Bermanfaat dan membantu anda, Silakan Like Dan Share Dengan Teman Anda

0 Response to "Cara Membuat Putu Mayang Betawi"

Post a Comment